July 24, 2024

Membangun Jaringan LAN Terkoneksi Internet

2 min read

Pada tutorial kali ini, saya akan membahas bagaimana membangun sebuah jaringan LAN dimana jaringan tersebut terkoneksi dengan internet melalui sebuah gateway. Gateway yang akan saya gunakan adalah router Mikrotik, pada gambar dibawah ini adalah bentuk topologi yang akan digunakan pada tutorial ini:

internet11

Topologi Jaringan LAN

Tutorial ini akan menekankan pembahasan pada konfigurasi router Mikrotik, dan pada client yang menggunakan sistem operasi Windows, berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1

Konfigurasi Penamaan Interface pada Router.

Sebelum kita memberi nama interface router, pastikan terlebih dahulu konfigurasi bridge pada router dihapus, karena secara default konfigurasi bridge sudah terpasang pada mesin router Mikrotik. Pada gambar dibawah ini menjelaskan cara melihat konfigurasi bridgeapakah sudah terpasang atau belum, hasilnya konfigurasi bridge sudah terpasang pada mesin router, dan kita harus menghapus konfigurasi bridge tersebut. Pada gambar dibawah ini menjelaskan bagaimana menghapus konfigurasi bridge yang telah terpasang pada router.

internet12

Melihat Status Bridge Pada Router

internet13

Menghapus Interface Bridge

internet14

Menghapus Port Bridge

Interface yang akan digunakan adalah interface 1 yang terhubung dengan koneksi internet akan diberi nama eth0, dan interface 2 yang terhubung dengan LAN akan diberi nama eth1. Pada gambar berikut ini  menjelaskan bagaimana memberi nama interface pada router dan melihat hasinya:

internet15Memberi Nama Interface Router

Langkah 2

Konfigurasi IP Address pada Router.

Pada gambar berikut ini menjelaskan bagaimana memberi ip address pada kedua interface dan melihat hasilnya:

internet16

Memberi IP Address Pada Interface Router

Langkah 3

Konfigurasi IP Gateway pada Router.

Pada gambar dibawah ini menjelaskan bagaimana memberi ip gateway pada router dan melihat hasilnya, untuk koneksi internet maka dst-address harus diisikan 0.0.0.0/0.

internet17Memberi IP Gateway Pada Router

Langkah 4

Konfigurasi IP DNS pada Router.

Pada gambar berikut ini menjelaskan bagaimana memberi IP DNS pada router dan melihat hasilnya, dan agar router juga bisa bertindak sebagai DNS server maka harus ditambahkan perintah allow-remote-requests=yes.

internet18

Memberi IP DNS Pada Router

Langkah 5

Konfigurasi NAT pada router.

Pada gambar dibawah ini  menjelaskan bagaimana konfigurasi NAT pada router dan melihat hasilnya. Konfigurasi NAT berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet melalui interface eth0 (out-interface=eth0).

internet19

Konfigurasi NAT pada Router

Langkah 6

Konfigurasi IP Address pada Client.

Pada gambar dibawah ini menjelaskan konfigurasi IP address pada salah satu client (C1).

internet20

Memberi IP Address pada Client

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.