July 24, 2024

Photography 101 : Macam-Macam Kamera Digital Part 2

3 min read

Hai Palcomster selamat membaca artikel “Photography 101”, artikel ini saya khususkan untuk berbagi pengetahuan bagi para penggemar fotografi. Dalam artikel kali ini kita akan kembali membahas jenis-jenis kamera digital, sebagai berikut :

3. Prosumer Compact Digital Cameras

fuji1

Prosumer compact camera, juga dikenal sebagai kamera Prosumer perbedaan utama antara Prosumer kamera dan kamera Compact Dasar adalah bahwa mereka memungkinkan fotografer untuk memiliki kontrol lebih besar atas pengaturan eksposur kamera. Prosumer kamera memiliki mode semi otomatis, Aperture Priority, Shutter priority, dan mode Program. Kebanyakan kamera prosumer juga akan memiliki mode Manual yang memungkinkan fotografer untuk memiliki kontrol penuh atas pengaturan exposure kamera.

Kebanyakan prosumer kamera juga memiliki lensa dengan rentang zoom lebih jauh dibandingkan kamera compact basic. Misalnya, kamera compact memiliki kisaran 3-5x lensa zoom, rentang lensa zoom untuk kamera Prosumer mencapai empat puluh kali (40X).

Lensa pada kamera Prosumer bersifat “tetap” / tidak dapat digonta-ganti berbeda dengan lensa pada kamera digital SLR. dan kebanyakan kamera prosumer memiliki sensor gambar yang lebih kecil dan lensa yang lebih kecil daripada yang ditemukan pada kamera digital SLR. Beberapa kamera prosumer memiliki ukuran lebih besar dari kamera compact dasar. Beberapa kamera prosumer juga berbentuk mirip dengan kamera Digital SLR, tetapi banyak yang berbentuk seperti kamera saku digital. (Hanya sedikit lebih besar). kamera prosumer yang lebih besar dari pada compact fdasar, diperuntukkan untuk fotografer yang menginginkan kontrol lebih leluasa atas pengaturan exposure kamera dan rentang zoom yang lebih panjang dibanding compact dasar tanpa harus membayar seharga kamera Digital SLR.

4. Compact System Cameras/Mirrorless Interchangeable Lens Cameras

fuji2

Jenis kamera digital yang sangat mirip dengan kamera Digital SLR. Mirrorless Interchangeable Lens Cameras memungkinkan fotografer untuk menggunakan kamera dalam mode manual atau full automatic, sama saja dengan pengoperasian kamera digital SLR. Jenis kamera ini juga sering disebut sebagai kamera mirrorless atau Kamera Compact System.

Jadi, sesuai dengan nama kamera ini, lensa pada kamera mirrorless dapat diubah seperti pada Kamera Digital SLR. Perbedaan terbesar antara kedua jenis kamera ini adalah kamera mirrorless yang jauh lebih kecil ukurannya dibandingkan kamera Digital SLR. Ukuran body kamera mirrorless lebih mendekati ukuran kamera saku. Alasan ukuran body jauh lebih kecil karena kamera mirrorless tidak memiliki viewfinder optik dan cermin seperti jenis kamera Digital SLR.

Viewfinder optik yang ada pada kamera Digital SLR menggunakan sistem cermin dan pentaprism untuk menunjukkan objek yang akan difoto. Kamera mirrorless interchangeable lens tidak memiliki sistem cermin. kamera ini dilengkapi dengan layar LCD dan / atau Electronic Viewfinder untuk melihat preview dari obek yang akan difoto. Cermin di kamera Digital SLR mengambil banyak ruang di badan kamera, sehingga penghapusan cermin memungkinkan untuk tubuh yang lebih kecil yang akan digunakan untuk kamera mirrorless.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lensa pada kamera mirrorless dapat diganti. Namun kamera mirrorless menggunakan ukuran lensa yang lebih kecil dari kamera Digital SLR. (Beberapa lensa Digital SLR dapat digunakan pada kamera mirrorless dengan tambahan adapter.) Kamera mirrorless juga memiliki sensor gambar yang lebih besar dibandingkan kamera compact basic, yang akan menghasilkan kualitas gambar mirip dengan yang ada pada beberapa kamera Digital SLR. Secara keseluruhan, kamera mirrorless harus dapat mengakomodir mereka yang ingin mengambil gambar yang berkualitas Digital SLR di kamera berukuran yang jauh lebih kecil.

5. Phone Camera

fuji3

Jenis kamera digital yang mungkin paling banyak digunakan, paling praktis, dan yang paling kecil di antara jenis-jenis kamera sebelumnya. Namun, bukan berarti kamera ponsel tidak dapat menghasilkan foto/gambar setara dengan kamera compact basic, bahkan prosumer. Perkembangan ponsel yang sangat pesat menjadi salah satu alasan berkembangnnya fitur kamera pada ponsel, mulai dari ponsel yang hanya memiliki ukuran pixel 1,3MP sampai dengan kamera ponsel dengan 20MP dapat ditemui sekarang.

Serta berbagai fitur yang disematkan pada kamera ponsel yang sekarang sudah menyerupai kamera compact basic/ kamera pocket. selain fitur dan teknologi banyak juga aksesoris tambahan yang dibut intuk kamera ini. seperti : adapter untuk lensa SLR, adapter lensa wide maupun zoom, filter-filter, dan masih banyak lagi. Serta kamera ponsel juga dilengkapi dengan optik yang tidak kalah dengan kamera compact basic, sebagai contoh nokia yang menggunakan carl zeiss optik pada kamera ponsel buatan mereka. Namun kamera ponsel harus berukuran sangat kecil agar dapat di sematkan ke ukutan kantong, sehingga sensor gambar pada kamera ponsel beukuran sangat kecil. hal ini tentunya akan mempengaruhi kualitas gambar pada saat akan dicetak pada format yang besar.

 Seperti yang Anda lihat, ada berbagai jenis kamera digital yang tersedia. Mudah-mudahan, tutorial ini akan menjadi langkah pertama dalam membantu Anda menentukan jenis mungkin yang terbaik kamera cocok untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.