July 13, 2024

Menentukan Model Penelitian Regresi Data Panel Dengan Menggunakan Aplikasi Eviews 7 (Model Common Effect, Model Fixed Effect Dan Model Random Effect)

3 min read

Eviews (singkatan dari Economic Views) adalah program komputer berbasis windows yang banyak dipakai untuk analisis statistika dan ekonometri. Eviews adalah versi baru dari paket statistik untuk memanipulasi data time series. Meskipun sebagian besar eviews dirumuskan oleh ekonom, program itu sendiri juga dapat digunakan dalam bidang-bidang studi seperti sosiologi, statistik, keuangan, dan lain-lain. Eviews memanfaatkan lingkungan windows user-friendly, sebagian besar perusahaan operasi dapat dilakukan dengan menu drop-down.

Kegunaan Eviews antara lain adalah analisis data dan evaluasinya, analisis financial, peramalan ekonomi makro, simulasi, peramalan penjualan dan analisis biaya. Versi terakhir (januari 2011) adalah versi 7.2.

Langkah-langkah dalam menentukan model penelitian dengan menggunakan aplikasi program eview 7 adalah sebagai berikut :

Langkah 1

Terlebih dahulu menentukan kerangka pemikiran dalam penelitian. Misalkan judul penelitian adalah pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap peringkat obligasi.

Langkah 2

Dari kerangka pemikiran tersebut dapat ditentukan variabel penelitian yang terdiri atas variabel independen (x) dan variabel dependen (y). Dari contoh judul penelitian diatas maka dapat ditentukan variabel independen yaitu kepemilikan institusional (x1), kepemilikan manajerial (x2), ukuran dewan komisaris (UDK), dan komite audit (KAUD) dan menentukan variabel dependen (y) adalah peringkat obligasi (ratings).

Langkah 3

Setelah kerangka pemikiran dan variabel penelitian ditentukan maka tentukan jenis data berdasarkan skala pengukuran yang terdiri dari data nominal, data ordinal, data interval, dan data rasio. Dari contoh penelitian diatas maka dapat ditentukan jenis datanya. Variabel independen yang terdiri atas variabel kepemilikan institusional diukur berdasarkan skala rasio, kepemilikan manajerial diukur berdasarkan skala rasio, ukuran dewan komisaris diukur berdasarkan skala rasio, dan komite audit diukur berdasarkan skala ordinal. Sedangkan variabel dependen yaitu peringkat obligasi yang diukur berdasarkan skala ordinal.

Langkah 4

Jenis data telah ditentukan maka masukkan data penelitian tersebut kedalam Microsoft excel. Untuk peringkat obligasi dan komite audit yang diukur berdasarkan skala ordinal dapat di Log atau LN kan. Sedangkan data diluar skala ordinal tersebut dihitung berdasarkan rasio.

Langkah 5

Setelah data tersebut telah diatur dalam Microsoft excel maka aplikasi eviews dapat dibuka.

Langkah 6

Aplikasi eviews 7 telah terbuka maka dapat ditentukan periode penelitian yang akan diteliti. Missal penelitian yang akan diteliti dimulai dari periode 2010 sampai dengan 2012. Maka akan muncul tampilan eviews sebagai berikut :

 eviewsKlik ok setelah menentukan periode penelitian yang akan diteliti seperti tampilan diatas telah ditunjukkan. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

eviews2

Langkah 7

Setelah menentukan periode penelitian maka tentukan apakah data tersebut termasuk data time series, cross section dan data panel. Misalkan pada penelitian diatas ditentukan data berdasarkan data panel yang merupakan gabungan data antara time series dan cross section. Klik objek–new object kemudian pilih pool untuk data regresi data gabungan antara time series dan cross section. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut ini :

eviews2

Langkah 8

Klik OK kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut masukkan KODE BOND (kode obligasi perusahaan berdasarkan sampel penelitian yang telah ditentukan berdasarkan purposive sampling).

eviews4

Klik proc–import pool data excel-klik open.eviews5

Langkah 9

Kemudian tentukan upper left data cell dan masukkan variabel dependen dan independen (y? x1? x2? x3? x4? x5? x6? x7? x8? x9? x10?) dan klik open maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

eviews6

Langkah 10

Pilih estimate – masukkan kembali variabel dependen dan independennya. Setelah memasukkan variabel tersebut maka dapat ditentukan model penelitian yang terdiri dari model common effect, model fixed effect, dan model random effect. Kemudian klik options dan pilih white cross section. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

eviews7

Langkah 11

Model common effect dapat ditentukan dengan memilih cross section none dan periode none maka akan muncul hasil penelitian sebagai berikut :

eviews9Jika ingin memilih model fixed effect maka pilih cross section dengan fixed dan period none maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

eviews10

eviews11

Pemilihan model ketiga adalah model random effect maka pilih cross section random dan period fixed maka akan muncul hasil sebagai berikut :

 eviews92

 eviews94

eviews95

 Tutorial : Mutiara Lusiana Annisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.