July 13, 2024

Tutorial Pembuatan Lowpoly Triangulation By UKM PDA

2 min read

Selamat pagi PalComSter..!!!

Bagaimana liburannya ? hehehehe…

Ketemu lagi dengan kami UKM PalComTech Digital Art (PDA), setelah membahas mengenai gambar Lowpoly Triangulation. Kali ini kami akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat gambar Lowpoly Triangulation itu sendiri. Yuk mari disimak :

1.   Buka Software Coreldraw

2.   Buat Dokumen baru/New Document

3.   Import gambar yang ingin dibuat low poly /triangulatio. Contoh :

1

4.    Setelah import object, lock object gambar agar gambar yang ingin kita edit tidak bergeser. Dengan cara Klik kanan -> Lock Object.

5.    Kita akan mulai melakukan proses tracing. Saya akan menggunakan Polyline , karena tool ini mudah untuk membuat bidang terutama segitiga, daripada tool yang lain.

2

6.     Buat Bidang berbentuk segita sesuai dengan dimensi object dengan satu persatu sampai penuh.

 

Tips: itulah salah satu kenapa saya memilih polyline karena setelah selesai membuat suatu bidang kita langsung dapat membuat bidang selanjutnya dengan catatan titik awal harus bertemu kembali dengan titik akhir, hal ini agar bidang dapat diberi warna sesuai dengan warna object nantinya.

Note: bidang segitiga yang satu dengan yang lainnya harus saling berhimpitan agar nanti tidak ada lubang pada hasil akhirnya. (node bertemu dengan node).

7.  Jika sudah selesai men-tracing object, Sekarang lanjutkan ke proses pewarnaan dengan menggunakan tool eyedropper. Dengan cara klik salah satu bidang segitiga dan klik kembali kebidang tersebut (dua kali klik).

3

Tips: Untuk cepatnya pencet tombol (I) pada keyboard -> double klik pada salah satu bidang, pencet tombol (I) lagi -> double klik pada bidang yang lain, lakukan sampai semua bidang terwarnai secara penuh.

8.    Setelah selesai mewarnai, hilangkan outlinenya dengan cara seleksi semua object -> klik none pada width outlinenya atau bisa juga klik kanan pada pallete silang, pada disebelah atas atau kiri tergantung dimana pallete kamu berada.

4

9.   setelah selesai semua, sekarang tinggal ganti background dan buat ornamen atau tulisan untuk memberi sentuhan akhihrnya, jangan lupa save atau export.

6

Untuk video tutorial dapat dilihat di : https://www.youtube.com/watch?v=pyRzL1MrvzA

Sekian dulu tutorial dari kami, sampai ketemu dengan pembahasan kami selanjutnya.

Penulis : Arif Purnomo (UKM PDA)

Galeri Foto : 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.