July 15, 2024

Tips Mencegah dan Mengatasi Rasa Haus Saat Berpuasa

2 min read

Selama berpuasa dari pagi hingga petang, Muslim dilarang untuk mengkonsumsi makanan dan meminum cairan apapun, oleh karena itu tubuh akan kekurangan asupan cairan, sehingga membuat lapar dan haus. Selama berpuasa pula, sebagian orang lebih sulit untuk menahan haus dibandingkan rasa lapar, karena haus bisa membuat tubuh menjadi lemas, kurang konsentrasi dan mengantuk.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengatasi rasa haus selama berpuasa.

  1. Perbanyak minum air putih

Agar terhindar dari dehidrasi selama berpuasa, kita harus tetap mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya. Bagaimana caranya agar hal tersebut bisa terpenuhi? yakni dengan mengkonsumsi air putih sebagai berikut:

– 1 gelas pada waktu berbuka,

– 1 gelas setelah berbuka,

– 1 gelas sebelum makan,

– 2 gelas setelah makan,

– 1 gelas sebelum tidur,

– 1 gelas saat bangun sahur, dan

– 1 gelas setelah sahur

  1. Mengkonsumsi banyak buah-buahan

Dengan mengkonsumsi air putih saja tidak akan cukup untuk mencegah rasa haus, maka dari itu kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti jeruk, semangka, anggur dan buah-buahan lainnya. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan tersebut dalam keadaan segar, dijus atau dijadikan salad kemudian dikonsumsi saat sahur.

  1. Mengkonsumsi yogurt

Tahukah Anda bahwa yogurt mengandung sekitar 85% air? Tidak hanya dapat memberikan asupan cairan untuk tubuh, kandungan yogurt yang memiliki banyak nutrisi, kalsium, dan protein, sangat baik untuk Anda yang sedang berpuasa. Anda bisa menambahkan buah-buahan ke dalam yogurt untuk mendapatkan asupan cairan yang lebih banyak saat sahur.

4 Kurangi makanan pedas dan asin

Bagi kamu yang sangat menyukai masakan pedas dan asin, cobalah untuk mengurangi mengkonsumsi makanan tersebut selama berpuasa, karena makanan pedas akan lebih cepat membuatmu merasa haus, sedangkan makanan asin dapat meningkatkan keinginan tubuh terhadap air.

5 Atur waktu tidurmu

Menjaga pola tidur juga dapat membantu anda tetap segar saat berpuasa. Jika anda sudah merasa haus, cobalah untuk tidur sejenak, hal ini akan mengurangi rasa haus anda.

  1. Mengurangi aktifitas yang melelahkan

Selama berpuasa anda sebaiknya mengurangi aktifitas yang bisa membuatmuĀ  banyak berkeringat seperti olahraga berat dan juga mengurangi aktifitas di bawah terik matahari, karena tubuh akan cepat menguap dan bisa menyebabkan dehidrasi.

Itulah beberapa tips yang dapat mencegah dan menghindari rasa haus selama berpuasa. Semoga tips ini bermanfaat buat kita semua.

Selamat menjalankan ibadah puasa. J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.