July 17, 2024

Tips Menghadapi Ujian Komprehensif

2 min read

Halo palcomster, gak terasa nih perjuangan panjang kalian mengerjakan tugas akhir akan segera berakhir. Sidang kompre yang paling banyak mahasiswa takut-takutkan telah datang. Bagaimana persiapan kalian guys? yakin masih mau belajar SKS (sistem kebut semalam), percayalah persiapan yang matang yang akan menentukan hasil yang kalian dapat. Pada artikel kali ini saya ingin memberikan tips menghadapi ujian kompre berdasarkan pengalaman pribadi, semoga bisa bermanfaat guys..

1. Persiapkan Berkas Pendukung

Berkas pendukung ini sangat penting untuk dipersiapkan, apa sajakah berkas tersebut:

  • Buku referensi yang kalian gunakan dalam penelitian kalian
  • Jurnal-jurnal yang kalian jadikan rujukan
  • Data pendukung seperti hasil wawancara dan dokumentasi selama penelitian
  • Persiapkan slide presentasi semenarik mungkin

2. Persiapkan Mental

Mental juga merupakan hal yang harus dipersiapkan, perbanyakla ibadah menjelang ujian. Selain itu jaga pola makan agar saat ujian kondisi kalian sehat secara jasmani dan rohani. Sehingga bisa menjawab pertanyaan dosen penguji dengan lancar. Berikut ini salah satu doa agar kalian diberikan kemudahan dan kelancaran:

ALLAAHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAN.

Artinya :
“Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

3. Bertanya Pada Kakak Tingkat yang Telah Lulus

Carilah informasi kisi-kisi tentang soal yang akan diujikan dari kakak tingkat yang sudah lulus, carilah jawaban dari kisi-kisi tersebut lalu resume.

4. Minta Doa Restu Kedua Orang Tua dan Keluarga

Terdengar klasik memang namun keluarga merupakan sumber kekuatan utama bagi kita pada saat seperti ini, jangan kecewakan perjuangan orang tua kalian yang telah membiayai kalian dalam mengejar gelar sarjana.

5. Percaya Diri

Percaya dirilah pada saat menjawab pertanyaan penguji, yakinkan penguji bahwa kalian memahami apa yang telah kalian buat. Jangan lupa persiapkan pena dan kertas untuk mencatat kritik dan saran dari para dosen penguji. Karena setelah ujian kalian juga harus melakukan revisi pada laporan kalian.

Sekian tips menghadapi ujian kompre kali ini, semoga kalian lulus 100% ya palcomster…

Selamat berjuang !!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.