Resensi Buku Algoritma dan Struktur Data

Identitas Buku 

Judul              : Algoritma dan Struktur Data

Pengarang     : Meidyan Permata Putri, Guntoro Barovih, Rezania Agramanisti Azdy, Yuniansyah, Andri Saputra dan Yesi Sriyeni

Penerbit         : Widina

Tahun Terbit   : 2022

ISBN              : 978-623-459-182-8

Struktur data dan algoritma berhubungan sangat erat pada sebuah program. Algoritma merupakan tahapan terencana yang menyatakan dengan jelas pemecahan suatu permasalahan dalam rentang waktu tertentu. Pemilihan struktur data dan algoritma yang kurang tepat akan membuat program menjadi kurang baik, demikian juga sebaliknya. Struktur data dan algoritma digunakan untuk memecahkan masalah kemungkinan bisa lebih dari satu. Struktur Data adalah cara mengumpulkan dan mengatur data sedemikian rupa sehingga kita dapat melakukan operasi pada sebuah data dengan cara yang efektif. Struktur Data adalah tentang merender elemen data dalam beberapa hubungan, untuk organisasi dan penyimpanan yang lebih baik.

Dalam bahasa sederhana, Struktur Data adalah struktur yang diprogram untuk menyimpan data yang dipesan, sehingga berbagai operasi dapat dilakukan dengan mudah. Ini mewakili pengetahuan tentang data yang akan diatur dalam memori. Ini harus dirancang dan diimplementasikan sedemikian rupa sehingga mengurangi kompleksitas dan meningkatkan efisiensi. Sedangkan Algoritma adalah seperangkat instruksi atau logika yang terbatas, ditulis dalam rangka, untuk menyelesaikan tugas tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. Algoritma bukanlah kode atau program yang lengkap, itu hanya logika inti (solusi) dari suatu masalah, yang dapat dinyatakan baik sebagai deskripsi tingkat tinggi informal sebagai kode semu atau menggunakan diagram alur. Oleh karena itu buku yang berjudul Algoritma Dan Struktur Data ini hadir sebagai bagian dari upaya untuk menambah khazanah, diskusi Algoritma Dan Struktur Data.  Buku ini berisi tentang algoritma dan struktur data, dengan mempelajari buku ini kalian dapat memahami dan mempelajari algoritma dan struktur data dari dasar. Mulai dari pengenalan operator dan logika pemrograman yang mana setiap babnya penulis memberikan beberapa contoh study kasus yang mudah dipelajari dan di pahami.

Didalam buku ini terdiri dari 8 bab yaitu:
1. Pengantar Algoritma
2. Flowchart
– Flowchart aplikasi
– Flowchart Sistem
3. Pemrograman Java
– Bahasa Pemrograman Java
– Struktur Program
4. Struktur Kontrol
– Logika If (Ttunggal, Majemuk dan nested)
5. Looping (Perulangan)
6. Array
7. Procedure dan Function
8. Sorting, Searching Array

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these