Resensi Buku Artificial intelligence Edisi 3

Detail Informasi :

Kode Klasifikasi : 006.3
Judul Buku : Buku Artificial intelligence Edisi 3
Edisi : III
Penulis : Dr. Suyanto, S.T., M.Sc.
Penerbit : Informatika Bandung
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2021
ISBN : 978-623-7131-46-5
Tajuk Subjek : Artificial intelligence
Deskripsi : 316p.: ill.; 23 cm

 

Artificial Intelligence (AI) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada simulasi kecerdasan manusia yang diimplementasikan dalam komputer atau sistem komputer. AI melibatkan pengembangan algoritma, perangkat lunak, atau sistem yang memungkinkan mesin untuk menjalankan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia. Ini mencakup berbagai teknik dan pendekatan yang digunakan untuk mengajar komputer untuk berpikir, belajar, dan mengambil keputusan.

Artificial intelligence (Al) merupakan teknologi disrupti, yang mengubah kemapanan bisnis, ekonomi, sosial, dan budaya. Al memberikan manfaat sekaligus ancaman. Berbagai isu, kasus, masalah, serta pro dan kontra terus bermunculan, terutama yang berkaitan-dengan bocornya data pribadi pengguna yang diduga banyak digunakan untuk membangun sistem AI. Oleh karena itu, sejumlah kalangan mendesak agar etika, hukum, dan regulasi segera dibuat, diratifikasi, dan ditegakkan agar AI bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat manusia. Hal ini karena Al, yang semula klasik sehingga mudah ditelusuri input, proses, dan outputnya, kini telah berkembang menjadi semakin modern dan canggih, yang mampu belajar secara cepat (dan bahkan secara mandiri/otonom) dari ribuan, jutaan, bahkan miliaran data. Di dalam Al dikenal empat teknik pemecahan masalah: Searching, Reasoning. Planning dan Learning. Tiga teknik pertama dikenal sebagai Al klasik sedangkan yang terakhir dikenal sebagai AI modern, yang mengalami perkembangan pesat dengan istilah Machine Learning (ML), Deep Learning (OL), dan Evolutionary Machine Learning (ML). Di dalam setiap teknik, terdapat banyak metode yang diusulkan dan sudah-dibuktikan secara matematis maupun empiris. Penggunaan, teknik dan metode tersebut sangat bergantung pada permasalahan yang akan diselesaikan. Mereka yang baru mempelajari Al seringkali merasa kesulitan dalam memilih teknik dan metode yang tepat untuk menyelesaikan suatu masalah. Buku ini membahas keempat teknik Al tersebut dan metode-metode yang ada di dalamnya.

Membaca buku tentang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dapat memberikan banyak manfaat, baik untuk pemahaman pribadi Anda maupun dalam konteks profesional. enting untuk memilih buku yang sesuai dengan tingkat pengetahuan Anda dan minat Anda dalam AI. Ada banyak buku yang tersedia mulai dari yang berfokus pada pemahaman dasar hingga yang lebih teknis. Yang terpenting adalah selalu terbuka untuk belajar dan mengembangkan pengetahuan Anda tentang AI.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these